Tangki Pertamina Cilacap Terbakar, Warga Keluhkan Air Sumur Menghitam

Kabar

Asap hitam masih membubung dari area 39 kilang Pertamina RU IV Cilacap Jawa Tengah. Warga di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah mengaku terdampak asap kebakaran tersebut.

“Kondisinya paling paling kabut, di situ kadang ada yang hitam sumurnya. Asapnya itu tadi malam kan banyak banget, nah itu pada ke sumur,” kata Budi, warga Kelurahan Kutawaru saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/6/2021).

Budi menyebut saat ini warga masih beraktivitas seperti biasa. Dia menduga kepulan asap dari kilang Pertamina Cilacap mengarah ke Dusun Cigintung.

“Kalau kondisi sekarang biasa biasa saja, asapnya mengarah ke Cigintung kalau tidak salah. Warga aktivitas ya masih biasa, kondisi udara paling paling kalau asapnya tinggi tidak masalah,” ucapnya.

Budi menyebut dampak dari kebakaran di area kilang Pertamina itu hanya dirasakan pada pagi hari. Sebab air sumur dan atap rumah tiba-tiba menghitam.

“Hanya tadi pagi yang atap rumah tapi tidak hitam bangat, karena tadi malam kan kena hujan juga jadi pada hilang. Tidak ada bau menyengat. Keluhannya itu, paling paling sumur aja ada yang hitam kena kabut airnya, karena turun dari air hujan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pantauan pukul 15.45 WIB, kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah masih mengepulkan asap hitam. Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ditemukan titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tadi malam.

“Tangki yang terbakar adalah area 39, di situ ada 7 tangki dan yang terbakar semalam adalah muncul api di bundwall. Bundwall itu pembatas dari 7 tangki dikelilingi oleh bundwall. Nah muncul apinya di antara tangki, dekat tangki 205,” kata General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto kepada wartawan, Sabtu (12/6). (Sumber, Detik.com)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments