Ini Daftar 9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE 2021

Pendidikan

Setiap institusi pendidikan tentu berusaha mentransferkan ilmu kepada para mahasiswa dengan maksimal. Tapi tentu ada sejumlah faktor yang membuat sebuah kampus atau universitas dianggap lebih bagus dari pada yang lainnya.

Berbagai lembaga pemeringkatan mengeluarkan daftar universitas terbaik sesuai dengan indikator masing-masing. Kamu yang sedang bersiap masuk kuliah patut menjadikan versi terbaru dari The Times Higher Education (THE) sebagai pertimbangan.

Baru-baru ini THE merilis Asia University Rankings 2021. Peringkat pertama ditempati oleh Universitas Tshinghua China dengan nilai keseluruhan 37,4. Adapun kampus lain yang masuk lima besar adalah Universitas Peking, National University of Singapore, Universitas Hong Kong, dan Universitas Nanyang Technological.

Dalam pemeringkatan universitas terbaik se-Asia itu, ada perwakilannya dari Indonesia di antara 551 perguruan tinggi yang masuk daftar. Berdasarkan penilaian mereka, Universitas Indonesia lah yang menjadi kampus dengan nilai tertinggi se-Indonesia.

Dilansir situsnya, organisasi tersebut menggunakan 13 indikator yang sama dengan THE World University Rankings namun pemeringkatan ini lebih menekankan pada institusi Asia.

Dikatakan jika mereka menilai perguruan tinggi berdasarkan pengajaran, riset, transfer ilmu, hingga pandangan internasional untuk mendapatkan perbandingan yang seimbang dan komprehensif.

Selain dinilai terbaik di Indonesia, UI menempati peringkat ke-15 di Asia Tenggara dan ke-194 di dunia dengan total nilai 32,9. Universitas Indonesia sendiri dalam situsnya menulis bahwa dalam indikator Industry Income, kampus tersebut memperoleh skor tertinggi dari empat indikator lainnya. Skor UI pada indikator International Outlook, Research, dan Teaching juga menjadi yang paling unggul di Indonesia. (detik.com)

Berikut daftar sembilan universitas terbaik di Indonesia menurut THE Times Higher Education 2021:

  1. Universitas Indonesia (32.9)
  2. Institut Teknologi Bandung (24.6-26.8)
  3. Universitas Gadjah Mada (21.7-24.4)
  4. Institut Pertanian Bogor (21.7-24.4)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (21.7-24.4)
  6. Universitas Brawijaya (12.9-21.6)
  7. Universitas Diponegoro (12.9-21.6)
  8. Universitas Padjadjaran (12.9-21.6)
  9. Universitas Telkom (12.9-21.6)
5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments